Jumat, 23 Agustus 2019

VEKTOR PERTEMUAN PERTAMA KELAS 10 IPA 3


BAHAN AJAR

Sekolah                                                 : SMA Al Azhar 3 B. Lampung
Mata Pelajaran                    : Fisika
Kelas/Semester                    : X / Ganjil
Materi Pokok                       : Vektor
Alokasi Waktu                     : 3 Minggu x 3 Jam Pelajaran @45 Menit


A.      Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
3.3.    Menerapkan prinsip penjumlahan vektor sebidang (misalnya perpindahan)
·       Mengamati dengan seksama vektor-vektor yang bekerja pada benda
·       Menggambar vektor
·       Melakukan percobaan untuk menentukan resultan vektor sebidang (misalnya gaya).
·       Menggambar resultan vector
·       Menjelaskan komponen vektor
·       menghitung besar vector
·       Menggambar arah resultan vector
·       Menjelaskan  cara menghitung besar dan arah dua buah vektor
·       Melakukan percobaan untuk menentukan resultan dua vektor sebidang
·       Menerapkan operasi vektor dalam pemecahan masalah secara individu
·       Mengolah tentang berbagai operasi vektor
·       Mempresentasikan contoh penerapan vektor dalam kehidupan sehari-hari
4.3.    Merancang percobaan untuk menentukan resultan vektor sebidang (misalnya perpindahan) beserta presentasi hasil dan makna fisisnya
·       Mengolah data hasil pengukuran berulang
·       Menyajikan hasil pengolahan data dalam bentuk grafik hasil pengukuran,
·       Menginterpretasi data dan grafik, dan menghitung kesalahan,
·       Menyimpulkan hasil interpretasi data dalam laporan tertulis hasil kerja\
·       Mempersiapkan peralatan dan urutan kerja
·       Menggambar vector, arah vector, komponen vector, dan menghitung besar vector
·       Mencatat hasil percobaan untuk menentukan resultan vektor
·       Menyimpulkan dan mempresentasikan hasil percobaan untuk menentukan resultan vector
·       Mempresentasikan rancangan percobaan untuk menentukan resultan vektor sebidang beserta makna fisisnya

B.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·         Mengamati dengan seksama vektor-vektor yang bekerja pada benda
·         Menggambar vektor
·         Melakukan percobaan untuk menentukan resultan vektor sebidang (misalnya gaya).
·         Menggambar resultan vector
·         Menjelaskan komponen vektor
·         menghitung besar vector
·         Menggambar arah resultan vector
·         Menjelaskan  cara menghitung besar dan arah dua buah vektor
·         Melakukan percobaan untuk menentukan resultan dua vektor sebidang
·         Menerapkan operasi vektor dalam pemecahan masalah secara individu
·         Mengolah tentang berbagai operasi vektor
·         Mempresentasikan contoh penerapan vektor dalam kehidupan sehari-hari

C.      Materi Pembelajaran

PERTEMUAN PERTAMA
Ketika perahu layar mencoba untuk bergerak lurus, tiba-tiba angin dan ombak lautan menghambat perjalanan sehingga Anda tidak dapat mencapai tujuan dengan tepat. Untuk dapat sampai di tempat tujuan, Anda harus mengubah arah pergerakan perahu layar Anda dan memperkirakan arah gerak angin dan ombak tersebut. Begitu pun jika Anda berenang di sungai yang memiliki aliran yang kuat, Anda perlu berjuang melawan arus aliran sungai agar dapat mencapai tujuan yang Anda inginkan. Besarnya kecepatan arus aliran sungai dapat menentukan seberapa jauh penyimpangan Anda ketika berenang. Mengapa hal tersebut dapat terjadi?

Semua yang Anda alami tersebut berhubungan dengan vektor. Untuk lebih memahami materi mengenai vektor, pelajarilah bahasan-bahasan berikut ini dengan saksama.
Ketika seseorang bertanya di mana letak sekolah Anda dari tempat Anda berada saat itu, apa jawaban Anda? Cukupkah dengan menjawab, "Sekolah saya berjarak 2 km dari sini?". Tentu saja jawaban Anda belum lengkap. Tempat yang berjarak 2 km dari posisi Anda sangatlah banyak, bisa ke arah timur, barat, selatan, atas, dan bahkan ke bawah. Oleh karena itu wajar jika orang tadi melanjutkan pertanyaannya sebagai berikut "ke arah mana?".
Jawaban yang dapat menyatakan letak atau posisi sekolah Anda secara tepat adalah "Sekolah saya berjarak 2 km dari Jogja ke timur".

Pernyataan ini memperlihatkan bahwa untuk menunjukkan posisi suatu tempat secara tepat, memerlukan data jarak (nilai besaran) dan arah. Besaran yang memiliki nilai dan arah disebut besaran vektor. Dalam kehidupan sehari-hari, banyak peristiwa yang berkaitan dengan besaran vektor. Ketika Anda naik sebuah perahu di sungai Musi, Anda pasti menginginkan arahnya tegak lurus terhadap arus sungai. Arah gerak perahu tidak akan lurus tiba di seberang, melainkan bergeser searah gerak aliran air.

A. Definisi, Gambar, dan Notasi Vektor
Seperti telah disinggung sebelumnya, besaran vektor adalah besaran yang memiliki nilai dan arah. Dalam ilmu Fisika, banyak besaran yang termasuk vektor, di antaranya perpindahan, gaya, kecepatan, percepatan, dan momentum. Selain besaran vektor, ada juga besaran yang hanya memiliki nilai. Besaran seperti ini disebut besaran skalar. Besaran yang termasuk besaran skalar, di antaranya massa, waktu, kuat arus, usaha, energi, dan suhu. Sebuah vektor digambarkan oleh sebuah anak panah. Panjang anak panah mewakili besar atau nilai vektor, sedangkan arah anak panah mewakili arah vektor. Notasi atau simbol sebuah vektor dapat menggunakan satu atau dua huruf dengan tanda panah di atasnya, misalnya atau. Akan tetapi, dalam buku ini, vektor digambarkan oleh sebuah huruf yang dicetak tebal dan miring, misalnya A atau B. 
Titik A disebut titik pangkal vektor dan titik B disebut ujung vektor. Besar sebuah vektor dapat ditulis dengan beberapa cara, di antaranya dengan memberi tanda mutlak (||) atau dicetak miring tanpa ditebalkan. Sebagai contoh, besar vektor A ditulis |A|atau A dan besar vektor B ditulis |B|atau B. Arah sebuah vektor dinyatakan oleh sudut tertentu terhadap arah acuan tertentu. Umumnya, sudut yang menyatakan arah sebuah vektor dinyatakan terhadap sumbu-x positif. Gambar 2. memperlihatkan tiga buah vektor A, B, dan C dengan arah masing-masing membentuk sudut 45°, 90°, dan 225° terhadap sumbu-x positif.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LATIHAN SOAL PERSIAPAN PENILAIAN TENGAH SEMESTER GANJIL

Nama                         : Rosmawati, S.Pd, Gr Mata Pelajaran   : Fisika Kelas                        :  XII